Pemilihan warna dalam disain
Pemilihan warna dalam desain sangat penting karena dapat memengaruhi persepsi dan emosi audiens.
Warna juga sangat mempengaruhi disain agar dapat mudah di ingat dan harus sesuai dengan apa hal sesuatu yang kita pasarkan
Dalam proses pemilihan warna untuk desain ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain:
1.Menentukan persona dari brand
Sebelum memilih warna untuk desain, baik itu logo atau desain lainnya, coba kamu kenali lebih dalam mengenai brand tersebut.
Cari tahu target audiens dari brand tersebut apakah pria, wanita, atau semua gender. Kemudian, brand tersebut termasuk mewah atau terjangkau.
Lalu, kenali juga apakah brand tersebut untuk orang dewasa, remaja, anak-anak atau semua umur.
2. Cari tahu apa warna yang tepat
Dalam proses pemilihan warna yang tepat untuk desain, ada banyak hal yang perlu dipikirkan.
Tidak hanya dari sisi aesthetic, tapi juga melihat dari sisi lain seperti gender hingga budaya.
Platt College menyebutkan bahwa seorang desainer grafis yang andal harus mengantisipasi perbedaan budaya dalam memilih suatu warna untuk desainnya.
Hal itu disebabkan suatu warna bisa memiliki arti yang berbeda bagi suatu penduduk di tempat tertentu.
Misalnya, warna putih di Amerika Serikat yang melambangkan kesucian. Namun, di Jepang, Tiongkok, atau Korea warna putih menandakan kedukaan.
Intinya, sebelum memilih warna untuk membuat desain pastikan melakukan riset terlebih dahulu agar penyampaian pesan dari karya yang dibuat bisa mengena pada audiens.
3. Pahami pengaruh warna pada sisi emosional manusia
Seperti yang dijelaskan di atas, setiap warna dapat memberikan pengaruh emosional yang berbeda. Berikut ini contohnya:
Biru
Warna biru memberikan pengaruh seperti kepercayaan, keamanan, dan relaksasi pada audiens. Selain itu, warna biru juga dikaitkan dengan perasaan bahagia serta keramahan.
Itulah mengapa cukup banyak brand yang menggunakan warna biru sabagai warna pada logonya agar bisa membuat audiens menaruh kepercayaan pada mereka.
Hitam
Warna hitam juga sangat sering dipilih untuk sebuah logo dari brand. Hal itu disebabkan warna hitam melambangkan kekuatan dan formalitas.
Jika kamu ingin menonjolkan nilai brand yang kuat dan kokoh, maka bisa memilih warna hitam.
Merah
Merah merupakan salah satu warna yang paling sering digunakan dalam logo suatu brand.
Dalam industri makanan atau retail memang warna yang satu ini sangat sering dipakai.
Tentu saja hal itu disebabkan warna merah memiliki kesan yang mencolok sehingga bisa menarik perhatian audiens dengan mudah.
Tidak hanya itu, warna yang satu ini juga dapat memberi kesan seperti kepercayaan diri, berani, serta memiliki gairah yang besar.
Hijau
Warna hijau dikenal dapat memberikan efek yang menenangkan pada kita. Pasalnya, warna hijau mencerminkan lingkungan alami dengan banyak pohon dan tanaman.
Penggunaan warna hijau biasanya digunakan oleh brand yang menjual makanan dan minuman organik.
Selain itu, hijau juga dapat memberikan kesan harmonis, perkembangan, kesuburan, dan masih banyak lainnya.
Kuning
Dalam sebuah desain yang mencerminkan keceriaan biasanya lebih cenderung menggunakan warna kuning.
Memang warna kuning bisa memberikan pengaruh yang positif pada audiens seperti kehangatan, kebahagiaan, serta harapkan
Itulah penjelasan mengenai pentingnya pemilihan warna yang tepat untuk suatu desain.
Warna pada desain terbukti memiliki dampak yang luar biasa karena dapat mempengaruhi preferensi dari audiens.
Oleh karena itu, saat membuat sebuah desain jangan pernah lagi menyepelekan proses pemilihan warna, ya!
Sebagai seorang desainer, tentunya kamu harus selalu mengasah skill dan menambah pengetahuan tentang desain agar bisa menghasilkan karya terbaik.
Jika penasaran dan tertarik untuk mengembangkan skill, segera pilih kelas yang cocok buatmu sekar
Itulah penjelasan mengenai pentingnya pemilihan warna yang tepat untuk suatu desain.
Sumber:https://glints.com/id/lowongan/pemilihan-warna-untuk-desain/
Bila kamu tertarik dengan pemotretan baca juga:https://loyalitas97.blogspot.com/
Komentar
Posting Komentar